Road to CEH Part 4 | Hacking Methodology - Metode Hacking


Note : perlu diingat postingan diblog saya adalah ethical hacking bukan evil hacking. Tulisan yang bertujuan untuk keamanan sistem bukan perusakan sistem.
Kamus :
Target : Dapat merupakan sistem, organisasi, perusahaan, kelompok, spesifik kelompok, user atau spesifik user yang meminta untuk dilakukan testing keamanan.


Kali ini kita akan membahas metode hacking atau fase-fase dalam hacking. Sebenarnya tiap kasus bisa berbeda tergantung kondisi, namun kita anggap kondisi yang sekarang terjadi adalah kondisi dimana kita tidak tahu sama sekali tentang target. Jika masih ingat postingan sebelumnya apa jenis dari test ini? Jika belum tahu atau lupa bisa dibaca lagi di postingan ini.

Fase - fase tersebut adalah :

1. Reconnaissance

Ini merupakan persiapan sebelum melakukan penetrasi atau serangan, yaitu mendapatkan segala informasi mengenai target. Di sini mencari vektor apa saja yang bisa dilakukan untuk keperluan testing. Kemudian di fase berikutnya adalah scanning.

2. Scanning

Scanning lebih ke teknisnya, kita dapat melakukan scanning ke sistem secara manual maupun menggunakan tools, semuanya sah-sah saja. Tahap ini untuk mendapatkan informasi mengenai infrastruktur dan kelemahan sistem.

3. Gaining Access

Di fase ini kita melakukan penetrasi/eksploitasi berdasarkan info-info yang telah didapat sebelumnya, hingga mendapatkan akses, dapat melalui port-port tertentu, melalui web server, social engineering, dan lainnya.

4. Maintaining Access

Disini hacker menjaga access supaya tetap dapat diakses selama mungkin, sehngga memungkinkan untuk melihat/mengambil data di kemudian hari. Di fase ini hacker juga mencoba untuk meningkatkan hak akses dengan mengambil root atau ke sistem lainnya.

5. Clearing Tracks

Tahap terakhir adalah penghapusan jejak yang befungsi untuk menghindari deteksi intruder. Bisa saja dengan cara menghapus log, encrypt tools yang digunakan untuk menyerang, dll.

Demikian keterangan singkat metode/fase dalam hacking, kita akan membahas lebih dalam di postingan-postingan berikutnya.

Thanks!.
Share on Google Plus

0 comments:

We’re eager to see your comment. However, Please Keep in mind that all comments are moderated manually by our human reviewers according to our comment policy, and all the links are nofollow. Using Keywords in the name field area is forbidden. Let’s enjoy a personal and evocative conversation.